RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memberikan tanggapan terkait kabar hilangnya Kaesang Pangarep, putra dari Presiden Joko Widodo, setelah dicari oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan gratifikasi pesawat jet.

Sekretaris Jenderal PSI, Raja Juli Antoni, menyatakan bahwa Kaesang berada di Jakarta dan aktif bekerja di kantor PSI setiap harinya.

“Mas Kaesang Pangarep sudah berada di Jakarta sejak 28 Agustus 2024, pagi hari. Siangnya setelah salat Zuhur, Mas Kaesang langsung bergabung di DPP PSI,” kata Antoni, Selasa (3/9/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

Antoni menyebutkan bahwa Kaesang memimpin rapat koordinasi terkait dukungan PSI untuk Pilkada Serentak 2024 pada hari yang bersangkutan. Kaesang juga telah menandatangani beberapa surat rekomendasi untuk calon kepala daerah.

Antoni juga menyebutkan bahwa dia sering bertemu dengan Kaesang belakangan ini ketika keduanya berada di Jakarta.

“Bila tidak keluar kota, sore atau malam setelah jam kantor, saya secara pribadi selalu bertemu dengan Mas Kaesang, berdiskusi tentang persiapan Pilkada 2024,” ucapnya.

Sebelumnya, banyak warganet yang bertanya-tanya tentang keberadaan Kaesang setelah KPK melakukan pemeriksaan terkait dugaan gratifikasi pesawat jet. Hal ini disebabkan oleh unggahan Erina Gudono, istri Kaesang, yang menunjukkan mereka sedang naik pesawat jet pribadi. Hal tersebut kemudian menimbulkan dugaan bahwa pesawat tersebut merupakan milik perusahaan Singapura bernama Garena.

“Mengapa kami membutuhkan penjelasan dari saudara Kaesang terkait hal ini? Karena kami menduga patut diduga itu ada kaitannya dengan penyelenggara negara. Kan kita tahu orang tua dari Kaesang seperti itu,” ucap Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (30/8).