PANGKEP-Ketua Kerukunan Pelajar Mahasiswa Tupabbiring (KMPT), Muhammad Akbar, kritik pedas kegiatan Kunjungan Lapangan (Kunlap) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dapil Lima, wilayah pemilihan Kecamatan Liukang Tupabbiring dan Tupabbiring Utara.

Kunjungan lapangan Anggota DPRD Pangkep dapil kepulauan tersebut dilaksanakan di salahsatu cafe yang terletak Kecamatan Pangkajene, Senin (17/7/2023).

Baca juga : IKA PMII Pangkep Sukses Gelar Muscab Kedua

Ketua KMPT mengatakan bahwa Kunjungan lapangan idealnya dan seharusnya dilaksanakan di daerah dapil yang diwakili, bukan di kota.

“Bagimana bisa dikatakan kunjungan lapangan, anggota DPRD ini dapilnya di Pulau namun kunjungan lapangannya dilaksanakan di Kota, bagaimana mau tahu situasi, kondisi dan perkembangan wilayah serta konstituen yang diwakilinya,” tegasnya.

Muhammad Akbar berharap agar hal ini menjadi perhatian Badan Kehormatan DPRD Pangkep.

“Badan Kehormatan kan punya tugas menjaga moral, martabat, kehormatan, citra serta kredibilitas DPRD. Bukannya hal ini mecederai kredibilitas dan citra Anggota Dewan,” katanya.

Anggota Badang Kehormatan DPRD Kabupaten Pangkep, Hasri, saat dikompirmasi lewat watshaap enggan berkomentar.

“Komfir langsung maki dulu sama ketua BK dinda,” Balasnya singkat.

Ketua BK DPRD Kabupaten Pangkep, Tauhid, yang dihubungi lewat watshaapnya belum membalas pertanyaan awak media sampai berita ini diturunkan.

Anggota DPRD Pangkep dapil V wilayah pemilihan Kecamatan Liukang Tupabbiring/ Utara Amir, menjelasakan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut berdasarkan kesepakatan pemerintah kecamatan yang ada di Pulau.

“Ini merupakan kesepakatan dengan pemerintah kecamatan yang ada di pulau karena padatnya agenda pemerintah yang bertepatan. Apalagi, besok sudah harus memasuk agenda paripurna. Kunjungan lapangan tersebut terkait realisasi anggaran tahun 2022 yang lebih kepada mensinkronkan laporan dengan kegiatan di lapangan. Nah, yg tahu kondisi di luar adalah perangkat pemerintah dalam hal ini camat dan para lurah/desa di Kecamatan Tupabiring dan Tupabiring Utara,” jelasnya.

H. Rasid, salahsatu anggota DPRD Dapil V wilayah pemilihan Tupabbiring/Utara yang sempat hadir dalam kunjungan lapangan tersebut saat dikompirmasi lewat watshaapnya, belum menjawab sampai berita ini diturunkan.

Adapun Kegiatan Kunjungan Lapangan DPRD Kabupaten Pangkep dapil V tersebut hanya dihadiri dua dari tiga orang anggota DPRD dapil V. Amir dari praksi PPP dan H.Rasid dari Praksi PDIP. Sedangkan Umar dari Praksi NASDEM, tidak hadir.