Maros, Rakyat News – Kepolisian Resor Maros berhasil meringkus Jamaluddin, (38), warga Jln Pongtiku, Makassar, Sulawesi Selatan, tersangka pelaku pencurian tape mobil Rabu, 6 – 1 – 2021 sekitar pukul 06.00 Wita di Jln. Poros Maros – Pangkep.

Modus pencurian yang dilakukan Jamaluddin diungkap oleh Waka Polres Maros, Kompol Muhammadong didampingi Kasubag Humas, AKP Abd. Asis dan Kasat Serse Polres Maros AKP Rusly, di hadapan, wartawan, Kamis, 7/1-2021.

Kompol Muhammadong menjelaskan, pelaku merupakan salah seorang residivis yang diduga seringkali melakukan aksi pencurian tape mobil. Melihat modusnya, pelaku ini (Jamalauddin) specialis mencuri tape mobil dengan mencungkil kaca mobil yang terparkir di pinggir jalan,” ujar Kompol Muhammadong.

Aksi pencurian tersebut kembali dilakukan ketika pelaku melintas di Jln. Poros Maros – Pangkep. Tepatnya, di depan Pesantren Darul Istiqamah, Maccopa saat melihat sebuah mobil Honda Jazz warna Silver terparkir depan ruko.

Untuk memuluskan aksinya itu, Jamaluddin memarkir motor Yamaha Mio warna Silver Hitam Nopol DD 6464 KL yang dikendarainya di samping mobil Honda Jazz yang jadi sasarannya.

Aksi pencurian itu dilakukan dengan mencungkil kaca mobil hingga retak kemudian masuk ke dalam mempreteli tape mobil tersebut. Namun, aksinya itu ditemukan oleh anggota Unit Jatanras.

” Saat diadakan penangkapan, pelaku Jamaluddin berupaya melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor dengan cara melawan arus lalu lintas. Akibatnya, pelaku tersambar kendaraan lain sehingga mengalami cedera patah tulang sebelah kanan,” urai Muhammadong.

Dari catatan polisi, pelaku sudah 6 (enam) kali melakukan aksi kejahatan pencurian tape mobil dengan modus yang sama di Jln. Poros – Pangkep. Untuk proses selanjutnya, tersangka diancam pasal 363 ayat (1) ke – 3 dan ke – 5 Jo 65 KUHPidana. Ancaman hukuman 7 (tujuh) tahun penjara.