RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menganalisis keterangan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) setelah dilakukan pemeriksaan.

“Setelah ini kami lakukan analisis terhadap seluruh keterangan dari pihak-pihak yang telah diundang dalam proses penyelidikan untuk menentukan sikap nanti seperti apa dari hasil permintaan yang dimaksud,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri dilansir dari CNNIndonesia.com.

Secara bersamaan, Ali mengatakan tim penyelidik masih terus mengumpulkan bahan hingga saat ini. Setidaknya sudah ada 30 orang yang dimintai keterangan dalam proses penyelidikan tersebut.

“Kami sampaikan KPK juga sudah melakukan permintaan keterangan terhadap ASN dan pejabat lainnya di Kementan lebih dari 30 orang yang sudah dimintai keterangan dalam proses pengumpulan bahan keterangan,” jelasnya.

Sementara itu, Yasin Limpo enggan berbicara banyak mengenai materi klarifikasinya hari ini. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada KPK.

“Tanya KPK, saya sudah hadir,” kata Yasin Limpo usai menjalani klarifikasi sekitar 3,5 jam di gedung lama KPK, Jakarta.

Politikus Partai NasDem ini mengaku tetap akan kooperatif membantu KPK dalam menyelidiki dugaan korupsi di kementeriannya.

“Saya tetap akan kooperatif kapan pun dibutuhkan saya siap hadir,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi hasil gelar perkara yang diterima CNNIndonesia.com, pimpinan KPK menyepakati Yasin Limpo dan dua pejabat Kementerian Pertanian lainnya sebagai tersangka. Yasin Limpo pun enggan menanggapi kabar tersebut.